web stats

Saturday 24 August 2013

Mudjia: Tahun Ini Rekor Mahasiswa Terbanyak UIN Maliki

Ribuan mahasiswa baru UIN Maliki mengikuti OPAK di hari pertama (Foto: UAPM for malangonline.com)
Ribuan mahasiswa baru UIN Maliki mengikuti OPAK di hari pertama (Foto: UAPM for malangonline.com)

PENDIDIKAN | Sebanyak 3.010 mahasiswa baru UIN Maliki Malang, Selasa (20/8/2013) pagi, terlihat memenuhi lapangan utama UIN. Mereka melaksanakan apel pagi sekaligus upacara pembukaan OSPEK atau di UIN lebih dikenal dengan nama Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) 2013.
Acara yang belangsung hingga 23 Agustus 2013 tersebut dibuka oleh Rektor UIN, Prof Dr Mudjia Raharjo. Ia menyampaikan betapa bangga pada OPAK kali ini karena mahasiswa UIN masuk yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2.525 mahasiswa pada 2012.
“Kali ini mahasiswa UIN sangat banyak, mencapai 3.010 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya jurusan baru sehingga jumlah mahasiswa menjadi bertambah,” ujarnya saat ditemui malangonline.com usai acara apel pagi.
Jurusan baru tersebut yaitu S1 Perbankan Syariah yang berada di naungan Fakultas Ekonomi dan Jurusan Farmasi yang berada di Fakultas Saintek.
“Jurusan S1 Perbankan Syariah mencapai 120 mahasiswa dan Jurusan Farmasi mencapai 60 mahasiswa,” katanya.
Sementara itu data yang dihimpun dari Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) lewat panita kesekretariatan OPAK UIN Maliki. Tercatat seluruh mahasiswa baru tersebut terdiri dari 593 mahasiswa Fakultas Tarbiyah, 488 mahasiswa Fakultas Syariah, 448 mahasiswa Fakultas Humaniora, 247 mahasiswa dari Fakultas Psikologi, 458 mahasiswa Fakultas Ekonomi, dan 768 mahasiswa Fakultas Saintek.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Mudjia Raharjo (Foto: Arif Suhandha MO)
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Mudjia Raharjo (Foto: Arif Suhandha MO)

Lanjutnya, seluruh mahasiswa baru tersebut 63 persen berasal dari SMA dan 37 persen dari Aliyah atau pondok pesantren. Hal ini menurutnya segmentasi UIN sudah merata, jika sebelumnya yang berminat kebanyakan dari pondok pesantren atau aliyah saja. Namun kali ini sudah cukup luas yaitu yang berlatar belakang dari sekolah umum.
Rektor yang baru saja dilantik menggantikan Imam Suprayogo ini berharap nantinya mahasiswa baru UIN menjadi generasi yang tangguh. Selain itu juga mempunyai jiwa-jiwa pemimpin dan mampu bekerja keras.
Dr Agus Maimun, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Maliki turut menambahkan kalau tahun ini ada 16 mahasiswa asing yang sudah terdaftar di UIN. Mereka semuanya akan bergabung menjadi satu dengan mahasiswa lokal selama di perkuliahan. Hanya saja ada dilakukan pemantaban Bahasa Indonesia terlebih dahulu untuk adaptasi para mahasiswa tersebut.
“Ada sekitar 16 mahasiswa asing yang resmi terdaftar di UIN. Masing-masing berasal dari Vatikan, Bulgaria, Rusia, Afghanistan, Thailand, Malaysia, Palestina, Yaman, dan Libya,” ujarnya.|riph

0 comments:

Post a Comment

thanks dah koment....