web stats

Wednesday 5 September 2012

OPAK 2012 Pertahankan Keberadaan Pancasila





MABA: Sebanyak 2.552 mahasiswa baru mengikuti kuliah tamu bersama Menteri Tenaga Kerjaan dan Transmigrasi di gedung SC UIN Maliki.

GEMA-Setelah liburan Hari Raya Idul Fitri, kali ini mahasiswa baru (maba) UIN Maliki Malang sudah disibukkan dengan persiapan mengikuti serangkaian acara Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK), yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut (29/8-1/9).
Bertempat di lapangan olahraga UIN Maliki Malang, opening ceremony yang dimulai pada pukul 06.00 WIB tersebut diikuti sebanyak 2.552 maba yang terbagi menjadi 72 kelompok dan mengusung tema “Mahasiswa Ulul Albab Berjiwa Pancasila” .
Menurut presiden Dewan Mahasiswa (Dema) UIN Maliki Malang Wildan Alfaizi, alasan mengambil tema tersebut adalah kepedulian generasi penerus bangsa UIN Maliki Malang terhadap simbol dan ideologi bangsa yaitu pancasila. Sebab beberapa tahun ini pancasila sudah memudar dari diri generasi penerus bangsa, bahkan hal yang sangat memprihatinkan ketika beberapa orang tidak hafal dengan teks pancasila.
“Dengan OPAK 2012 ini, mari kita perjuangkan Pancasila sebagai harga mati yang harus dipertahankan,” ungkap Wildan penuh semangat.
Harapannya, peserta OPAK tahun ini bisa menjadi mahasiswa yang sejati, yaitu mahasiswa yang bertanggung jawab dengan tugasnya terhadap prestasi akademik serta bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
Lain halnya yang diungkapkan oleh Rektor UIN Maliki Malang. Dengan memberikan semangat tinggi kepada peserta OPAK, Bapak Imam Suprayogo mengajak bersama-sama peserta OPAK untuk bekerja keras agar bisa menjadi seorang pemimpin bangsa.
“Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, banyak keterampilan yang harus kita miliki, salah satunya yaitu harus bisa menguasai bahasa internasional,” jelasnya.
Imam juga berharap agar peserta OPAK 2012  bisa menjadi pemimpin yang terdepan. Sesuai dengan nama kampus yaitu Maulana Malik Ibrahim. Konon Maulana Malik Ibrahim merupakan wali pertama yang lahir dari wali songo. “Oleh sebab itu, jadilah pemimpin seperti Maulana Malik Ibrahim,” tegasnya.
Diakhir sambutannya, rektor yang menjabat selama dua periode tersebut sekaligus membuka OPAK 2012 dengan pelepasan balon. Sebelum pelepasan balon, Imam menyatakan akan menerbangkan balon setinggi-tingginya sesuai dengan cita-cita peserta OPAK 2012.

by : GEMA

0 comments:

Post a Comment

thanks dah koment....