web stats

Thursday 9 August 2012

HARI BUMI DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


Senin pagi tanggal 23 april 2012 itu terlihat berbeda di lingkungan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim. Dimana di lingkungan UIN tersebut terlihat cengang tanpa lalu lalang kendaraan seperti biasanya. Di kampus itu tidak terdengar suara-suara kendaraan bermotor  yang ada hanya suara-suara obrolan dari pejalan kaki yang mau atau selesai melakukan kegiatan belajar mengajar. Memang hari itu tidak seperti biasanya dikarenakan ada agenda tahunan  dari Bapak Rektor yaitu HARI BUMI yang bertemakan love you earth like you love your mother.
 
 
Jadi selama sehari penuh, pagi sampai sore seluruh sivitas akademik wajib berpartisipasi.  Dalam acara tersebut kita diajak dalam menjaga dan merawat bumi kita ini. Dan kita mulai dari hal yang terkecil yaitu kita tidak merokok dan menyalakan kendaraan bermotor dalam sehari tersebut. Semua komponen yang berada di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim wajib melakukan itu semua. Banyak dari dosen, mahasiswa, pegawai dll sangat antusias dengan acara tersebut. Tak khayal banyak dari mereka yang mendorong mobil maupun motor mereka demi menghargai HARI BUMI tersebut.
Hari itu bagaikan hari yang bersih dan tenang tanpa asap kendaraan dan rokok serta tanpa kebisingan lalu langan kendaraan yang biasanya terjadi. Disaat kita mau masuk ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau didepan gerbang UIN kita sudah disuruh mematikan mesin motor dan disuruh mendorongnya. Dan itu pun dilakukan dengan senang hati oleh semua komponen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.  Meskipun banyak yang menghargai acara tersebut ada juga dari segelintir orang yang tidak tahu tentang hari itu hari apa. Padahal brosur, spanduk, poster dll sudah di tempelkan di seluruh penjuru kampus. Banyak dari panitia yang berjaga di seluruh penjuru kampus untuk mengingatkan individu –individu yang  pada saat itu tidak tahu tentang kegiatan hari bumi tersebut. Terkadang merekan pun menegur  individual-individual yang merokok  di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maupun yang masih menyalakan kendaraan bermotornya.
Menurut saya, acara tersebut seharusnya diadakan satu bulan sekali bukannya 1 tahun sekali dan itu merupakan acara terbaik dari serangkaian acara yang pernah saya ikuti di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dimana di hari Senin yang bersih itu kita diajari tentang bagaimana merawat dan menjaga bumi kita dari global warming  kita tidak usah muluk-muluk melakukan hal yang terbesar  kita lakukan dari hal-hal terkecil saja yang itu sangat berguna bagi kita maupun lingkungan sekitar kita. Bumi kita ini merupakan tempat yang paling nyaman dan paling indah yang wajib kita jaga dan kita rawat untuk anak cucu kita kelak nanti…..
 
Go…. green !!!!!!

0 comments:

Post a Comment

thanks dah koment....