web stats

Friday 10 August 2012

Empat Peluang Bisnis di Bulan Puasa




duit
Bila kita cermati, banyak peluang usaha yang bisa dilakukan di Bulan Ramadhan. Bahkan, bisnis musiman ini dapat diteruskan setelah Bulan Ramadhan dengan membidik lebih serius pada kebutuhan konsumen pada bulan-bulan biasa. Apabila belum pernah membuka usaha, Anda bisa menjadikan bulan ini sebagai ajang latihan untuk memulai membuka bisnis.

Di antara beberapa usaha yang bisa diandalkan pada bulan Ramadhan antara lain:

Memproduksi atau berjualan busana muslim

Busana muslim seperti baju koko, mukena, jilbab, sajadah, peci, gamis, sarung baju muslim anak dan lain sebagainya pada bulan ini permintaannya meningkat tajam. Bisnis busana termasuk yang paling menikmati panen raya pada bulan puasa ini, dari mulai pedagang kaki lima, pedagang kreditan di kampung-kampung sampai pemain kelas kakap selevel Sogo, Seibu, Matahari, Ramayana, dan lain sebagainya.

Membuat atau menjual kue khas lebaran yang beraneka ragam

Walaupun banyak juga yang membuat sendiri tetapi masih banyak orang yang lebih suka membeli kue-kue Lebaran di pasar atau di mall. Ini juga berhubungan dengan budaya halal-bihalal yang sudah mendarah daging pada masyarakat kita. Sehingga diperlukan banyak suguhan pada hari yang fitri tersebut untuk menjamu tamu yang datang. Dan ini adalah potensi pasar yang besar.

Memproduksi atau menjual beragam jajanan khas buka puasa

Jajajan khas buka puasa seperti kolak, es campur, es buah dan lain sebagainya sangat diminati. Konsumen yang sibuk biasanya tidak sempat membuat kolak atau sejenisnya untuk berbuka puasa, makanya banyak pedagang musiman menawarkan produk tersebut untuk memenuhi tuntutan pasar.

Berjualan buku-buku Islam

Bisnis ini bisa dijadikan pilihan. Anda dapat menambahkan dengan menjual vcd dan kaset islami sampai minyak wangi. Anda dapat memilih lokasi di mall atau di dekat dengan aktivitas umat muslim yang membutuhkan produk tersebut. 

0 comments:

Post a Comment

thanks dah koment....