web stats

Saturday 4 May 2013

OMIK SEBAGAI MITRA KERJA KRITIS


OMIK SEBAGAI MITRA KERJA KRITIS

     Tepatnya, Selasa tanggal 30 April 2013, telah berlangsung acara pelantikan pengurus Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) jajaran Fakultas Ekonomi, yang mana sebelumnya telah melewati beberapa tahap seleksi perekrutan anggota baru untuk mendapatkan anggota yang berkualitas. Acara ini dihadiri oleh Dr. H. Muhtadi Ridwan M.A selaku  Dekan FE,  Dr. H. Salim Al Idrus, MM.,M.Ag selaku PD bidang kemahasiswaan, Dr. H. Nur Asnawi, Dr. Ahmad Djalaluddin dan beberapa dosen fakultas ekonomi (FE).
       Acara ini terlaksana secara lancar dan hikmat dengan dipandu oleh Saudari Bilqis (mantan ketua MHJ Manajemen). Dimulai dari pembukaan kemudian dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an yang dibawakan oleh saudara Syauqillah, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya yang dipandu oleh saudari Gresi, dilanjutkan sambutan dari ketua SEMA yaitu saudara Kholis yang menyampaikan bahwa OMIK adalah wadah kontrol yang harus mewujudkan sinergisnya birokrasi terhadap Fakultas Ekonomi, kemudian pelantikan anggota OMIK dari jurusan perbankan, akuntansi, manajemen, dan DEMA, dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas dan ditutup dengan doa Oleh Bapak Djalaluddin.
       Dalam sambutan yang diberikan oleh Dr. Mutadi Ridwan M.A, Beliau menyampaikan rasa bangganya terhadap anggota OMIK yang baru terlantik. Beliau begitu terharu mendengarkan janji, sumpah dan ikrar yang diucapkan oleh anggota OMIK, pasalnya dalam sumpah tersebut para anggota OMIK mengemban tugas yang akan dipertanggung jawabkan langsung kepada Allah SWT bukan kepada kelembagaan. Sungguh tidak main-main konsekuensi dari janji yang telah diikrarkan. Beliau menegaskan bahwa OMIK mempunyai tugas berat, yaitu tampil sebagai mahasiswa yang kritis dimana sebagai OMIK, haruslah mampu menggunakan wadah tersebut untuk mengkritisi apa yang perlu diperbaiki dalam birokrasi fakultas ekonomi ini. OMIK harus tampil berani untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasinya pada birokrasi fakultas agar terciptanya pelayanan yang maksimal dan menciptakan keunggulan/citra fakultas di lingkup universitas khususnya. Untuk program kerja OMIK tahun ini, Dr. Mutadi Ridwan M.A meminta agar diadakan pertemuan rutin maksimal selama 3 bulan sekali yang mana dalam pertemuan tersebut akan membahas dan menyampaikan apa yang dibutuhkan dan dikeluhkan oleh mahasiswa. Dekan FE tersebut menjelaskan bahwa kegiatan seperti itu penting untuk diadakan mengingat 3 tahun lalu pernah berjalan, namun akhirnya berhenti. Beliau berharap untuk program kerja OMIK tahun ini harus maksimal, pasalnya berhasil atau tidaknya fakultas ekonomi bergantung pada mitranya yaitu OMIK.
       Dr. Mutadi Ridwan M.A memberitahukan bahwa sambutan yang Ia berikan merupakan sambutan terakhirnya sebagi Dekan Fakultas Ekonomi dan bisa dipastikan Beliau tidak akan mengajukan diri untuk mengisi jabatan tersebut. Beliau menceritakan pengalamannya bergabung dengan fakultas ekonomi, yang mulai menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi sejak 1 Maret 2005. Beliau memimpin selama 4 periode. Di sisa masa tugas yang tinggal beberapa buan ini beliau berusaha memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan tugas penting, yaitu merealisasikan secara umum program kegiatan untuk Tahun Akademik 2013/2014 sambil menunggu program dan anggaran definitif dari Rektorat yang sampai hari ini belum jelas beritanya. Dan mempersiapkan peralihan kepemimpinan Fakultas dengan mengusung tema “MELANGGENGKAN KEBERSAMAAN UNTUK OPTIMALISASI PRESTASI GEMILANG”. Kegiatan tersebut diantaranya adalah penyusunan dokumen Progres Report FE dengan tema “Membangun Kepercayaan Diri untuk Mencetak Lulusan yang Kompetitif” sebagai Laporan Pertanggungjawaban Kepemimpinan FE-UIN Malili Malang 2009-2013 yang rencananya akan digelar pada minggu ke-4 bulan Maret 2013, dan rapat Senat Fakultas untuk pemilihan Dekan.
     Sebelum mengakhiri sambutannya, Dr. Mutadi Ridwan M.A menyampaikan beberapa harapannya, diantaranya adalah setiap anggota OMIK mampu menjalankan tugasnya yang mana jika dikalkulasikan setiap anggota mempunyai tanggung jawab terhadap 10 mahasiswa FE, membangun citra dan kredibilitas sosial sehingga lulusan FE mampu terserap dalam pasar kerja, dan yang terakhir adalah perbaikan birokrasi FE untuk memberikan kepuasan pelayanan. “Fakultas FE UIN MALIKI MALANG" patut berbangga hati mengingat anime masyarakat yang berkeinginan bergabung dari tahun ke tahunnya semakin tinggi,” Kata Dr. Mutadi Ridwan M.A dengan senyum bangganya. Dibutuhkan kesinergisan kerja antara mahasiswa, civitas FE dan OMIK untuk mewujudkan tujuan yang menjadi cita-cita fakultas ekonomi.


 *****

3 comments:

thanks dah koment....