Thursday, 23 May 2013

RAKER HMJ MANEJEMEN UIN MALANG 2013-2014

REVITALISASI FUNGSI STRUKTURAL DALAM PROGRAM MEMBANGUN HMJ MANAJEMEN YANG LEBIH BAIK

Program kerja merupakan sebuah bagian penting yang membantu dari sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya. Tanpa Proker (program kerja), sebuah organisasi diibaratkan sebagai petani yang menggarap lahannya tanpa sebuah cangkul sebagai alatnya. Bagaimana bisa tanaman yang tergarap bisa tumbuh subur dan menghasilkan sebuah panenan yang memuaskan tanpa sebuah usaha yang maksimal. Seperti itulah proker diibaratkan, sebagai nahkoda yang membawa arah gerak sebuah organisasi.

Pada hari Sabtu (18/5) HMJ-Manajemen melakukan sidang rapat kerja yang dilaksanakan di kantor HMJ-Manajemen gedung SC lantai 3 pada pukul 07.30. Dalam sidang tersebut tampak pula hadir beberapa tamu undangan, seperti Ketua SEMA, Ketua DEMA, Direktur HMP Perbankan dan Kajur Manajemen. Sidang dibuka langsung oleh Bpk Dr. Achmad Sani Supriyanto,SE., M.SI selaku ketua jurusan Manajemen. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan beberapa harapannya untuk HMJ Manajemen ke depan. Diantaranya adalah sumbangsih HMJ Manajemen kepada jurusan sebagai mitra kerja, kekompakkan yang harus dimunculkan dalam HMJ Manajemen, dan harapan kinerja yang lebih baik dari tahun kemarin. “Kami dari pihak jurusan siap memfasilitasi semua proker HMJ yang bernilai positif” kata Bapak Sani yang memberikan sambutan terakhirnya sebagai Kajur Manajemen.

Setelah sidang dibuka oleh kajur manajemen, pada pukul 08.15 sidang pleno I dimulai dan dipimpin langsung oleh presidium sidang yaitu M. Ridho Syahreza (Ketua Dema FE). Pada sidang pleno I membahas dan penetapan tentang Agenda Acara. Pada pukul 09.00 dilanjutkan dengan sidang pleno II yang membahas tentang penetapan Tata Tertib persidangan. Pada pukul 10.00 dilanjutkan dengan sidang pleno III yang membahas tentang penetapan Job Description. Pada sidang pleno I-III terbilang cukup lancar karena peserta sidang tidak terlalu beda pendapat. Pada pukul 13.00-14.00 sidang di pending karena waktunya ISHOMA. Sidang dimulai lagi tepat pada pukul 14.00, pada sidang kali ini dipimpin oleh direktur HMJ Manajemen yakni M. Faiz Aminuddin guna membahas proker masing-masing devisi. Pada saat sidang komisi, artinya tiap devisi berkumpul untuk membicarakan proker yang akan dijalankan selama 1 tahun kedepan.

Selanjutnya, pada sidang pleno IV yaitu pembahasan dari hasil sidang komisi dari tiap devisi, jadi tiap devisi harus mempresentasikan proker yang telah mereka diskusikan antara ketua devisi dengan anggota. Pada sidang pleno IV ini, sidang tidak lagi berjalan mulus karena banyak perbedaan pendapat, dan juga berbeda pandangan tentang proker yang telah di diskusikan tersebut. Setiap poin proker yang diajukan oleh setiap devisi dibahas secara mendetail. Hal ini diharapkan bahwa proker yang telah dicantumkan dapat terealisasi dengan baik sehingga banyak pertimbangan yang muncul.

Pada pukul 16.50 sidang di pending  selama kurang lebih 50 menit untuk melakukan sholat ashar dan juga sholat maghrib sekaligus mandi. Pukul 17.40 sidang dilanjutkan kembali dengan presentasi devisi yang belum mempresentasikan hasil diskusinya. Setelah semua devisi mempresentasikan hasil diskusinya, Pimpinan Sidang RAKER mengesahkan proker yang akan dilaksanakan oleh HMJ Manajemen selama 1 tahun kedepan. Kurang lebih ada sekitar 23 proker yang telah tersusun dari raker yang berlangsung. Faiz, selaku direktur HMJ-M berinisiatif untuk mengesampingkan beberapa proker yang mempunyai kesamaan jenis acaranya. Suara palu terketuk sebanyak tiga kali sebagai tanda rapat kerja telah berakhir. Melanjutkan acara terakhir adalah penutupan dan doa. Dalam sesi ini, diisi dengan beberapa sambutan, beberapa perwakilan memberikan tanggapan atas terlaksananya RAKER HMJ Manajemen. Acara berakhir pada pukul 19.30.

Setelah peserta RAKER bubar, team work melakukan evaluasi bersama Direktur HMJ-Manajemen. Dalam evaluasi tersebut dibahas tentang kesulitan yang dialami team work dalam menjalankan tugasnya masing-masing yang mana pada intinya komunikasi antar anggota team work dianggap masih rendah. Direktur HMJ-Manajemen, Faiz mengharapkan bahwa team work lebih solid untuk menjalankan tugasnya masing-masing jika di kemudian hari terpilih sebagai team work lagi. Selain itu, Direktur HMJ-Manajemen memberikan pujian kepada ide kreatif yang dimunculkan oleh team work yaitu pengambilan tema untuk raker. Sebagaimana diketahui bahwa tidak ada penggunaan tema pada raker tahun lalu. HMJ-Manajemen diharapkan solid bekerja sama antar department, bahu-membahu mewujudkan program kerja yang telah tersusun demi memberikan real sumbangsih untuk jurusan Manajemen.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

thanks dah koment....